Begini Serunya Mancing di Festival Maksaira 2018

0
5

Begini Serunya Mancing di Festival Maksaira 2018

Sanana – Acara lomba mancing ikan kerapu menjadi highlight utama dari Festival Maksaira tahun ini. Seperti ini keseruannya!

Setelah acara dibuka oleh Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes pada pukul 12.00 WIT di Pantai Pengeringan, Minggu (15/4/2018), agenda pun berlanjut dengan lomba mancing ikan kerapu. Sesuai info dari ketua panitia acara, Ketut, tahun ini ada sekitar 3.041 peserta yang terdaftar mengikuti festival tahun ini.

Namun tidak hanya menonton, detikTravel bersama beberapa rekan media pun langsung ikut melaut untuk melihat keseruan lomba mancing dari dekat. Menggunakan perahu 1 mesin, kami pun menghampiri satu persatu perahu yang membawa peserta lomba.

Tak berapa lama berkeliling, saya pun berjumpa dengan salah satu peserta yang bernama Zulfikar. Di kalangan peserta lomba, Zulfikar pun tampak jauh lebih muda. Diprediksi, umurnya baru mencapai angka belasan. Namun dengan berani, ia memancing sendiri di atas perahu.

“Angkat! Angkat!” ujar teman media dan awak perahu.

Melihat kami, Zulfikar pun langsung mengangkat ikan tangkapannya ke udara. Satu, dua, tiga, jumlah ikan yang ditangkap olehnya. Agar lebih jelas, ia pun menjajarkan ikan tangkapannya di atas papan kayu di perahunya.

Menariknya lagi, Zulfikar dan pemancing lainnya masih menggunakan metode pancing tradisional. Bukan menggunakan tongkat pancing, melainkan benang pancing yang ditarik ulur dan diberi umpan di ujungnya. Sungguh luar biasa!

Namun bukan hanya Zulfikar yang berhasil menangkan ikan. Pemancing senior lain yang bernama Daud juga telah. berhasil memancing ikan kerapu. Diangkatnya lah ikan hasil tangkapannya pada kami.

“Daud, dari Ternate,” ujarnya sambil tersenyum.

Namun sayang, detikTravel mendapati sejumlah steroform bekas nasi kotak yang mengapung di laut. Besar kemungkinan sampah plastik itu berasal dari para peserta yang memakan bekalnya di atas perahu. Sungguh sangat disayangkan.

Rencananya, lomba mancing ikan kerapu tersebut akan dilangsungkan hingga pukul 15.00 WIT. Setelah itu, acara akan kembali dilanjutkan malam hari dengan penampilan dangdut dari 3 Srigala, Selfi KDI dan penampil lainnya. Termasuk penyerahan rekor MURI jumlah pemancing ikan terbanyak. (rdy/aff)

sanana kepulauan sula festival

Begini Serunya Mancing di Festival Maksaira 2018

Sumber Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here